Selasa, 10 Juli 2012

Tips Agar Mandi Tak Menghilangkan Kelembaban Kulit

Anggapan bahwa mandi bisa menghilangkan kelembaban kulit atau membuat kulit kering, tak harus ditanggapi dengan mengurangi jadwal mandi Anda. Anda tetap perlu mandi secara teratur dua kali sehari, dengan cara tepat.

Begitu pun dengan kebiasaan scrubbing. Perawatan kulit ini tak harus Anda tinggalkan karena khawatir kelembaban kulit menghilang.

Agar mandi atau pembersihan tubuh lainnya tak menghilangkan kelembaban kulit, sebaiknya pilih produk dan lakukan perawatan tubuh secara tepat.

Dokter spesialis kulit, dr Abraham Arimuko, SpKK menjelaskan mandi dengan cara benar tak membuat kulit kering. Baik dari cara menggunakan sabun mandi, penggunaan air dan cara membilas tubuh dari sisa sabun.

Menurutnya, mandi bisa menyebabkan kulit kering jika Anda menggosok tubuh terlalu kuat dengan sabun. Penggunaan air yang terlalu panas juga bisa menyebabkan kulit kering setelah mandi.

"Sebaiknya pakai air dengan kehangatan sesuai suhu tubuh. Selain juga pilih produk pembersih yang memiliki pengganti pelembab tubuh alami tapi juga memiliki kemampuan membersihkan," tuturnya di sela peluncuran produk perawatan tubuh di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Cara membilas sabun dengan air saat mandi juga memengaruhi kelembaban kulit. Tubuh yang masih terasa licin setelah pemakaian sabun dianggap tak cukup bersih, sehingga pembilasan dengan air terus menerus dilakukan.

"Biasanya setelah pakai sabun tubuh terasa licin. Nah, kebiasaan yang bisa membuat kulit kering adalah ketika Anda terus membilas tubuh dengan air untuk menghilangkan sisa sabun yang terasa licin di tubuh, padahal Anda tak harus membersihkan tubuh dengan air hingga tubuh terasa kesat. Sebaiknya biarkan rasa licin itu tetap ada, namun pastikan tak ada sisa sabun yang menempel di tubuh," jelasnya.

Untuk menjaga kelembaban setelah mandi, dr Ari menyarankan selalu menggunakan pelembab. Penggunaan pelembab penting dilakukan setelah mandi, juga setelah scrubbing. Bahkan tak ada salahnya merawat tubuh dengan mengaplikasikan pelembab jelang tidur malam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar