Kamis, 25 Juli 2013

Mengapa Orang yang Terkejut Bisa Keluar Latahnya?

Tak perlu melucu tanpa bersusah payah, seringkali orang yang latah bisa menghibur orang-orang di sekitar dengan spontanitasnya. Namun jika situasi dan kondisinya sedang tidak pas, sifat latah bisa berbuah cemoohan atau teguran keras. Latah memang seringkali muncul ketika terkejut

Karena kaget, respon latah muncul tanpa bisa dikontrol. Orang yang latah akan mengucapkan kata-kata aneh tanpa disadari. Ada juga yang spontan melakukan tindakan tertentu seperti yang diperintahkan. Bahkan bisa dikatakan, respons ini menyerupai gerakan refleks yang impulsif.

"Yang membuatnya jadi latah adalah reaksi impulsif, kebanyakan munculnya karena kaget atau dikagetkan," kata dr Andri, SpKJ, Klinik Psikosmatis RS Omni Alam Sutra Tangerang kepada detikHealth seperti ditulis pada Rabu (3/7/2013).

Menurut dr Andri, latah merupakan gejala psikiatri yang amat berhubungan dengan kultur atau budaya. Sayangnya, tak banyak penelitian yang mengkaji secara mendalam mengenai fenomena yang unik ini. Oleh karena itu, hanya sedikit yang bisa dipahami apa yang membuat orang terkejut bisa menjadi latah.

"Tidak bisa dijelaskan secara ilmu kedokteran. Orang dulu bilang, kenapa wanita suka kalau latah menyebutkan kata-kata jorok? Karena pernah mimpi melihat alat kelamin pria. Dan memang kebanyakan yang latah itu wanita," terang dr Andri.

Walau demikian, terkadang latah juga bisa muncul walau tanpa perlu dikagetkan. Pada tahap ini, orang yang melihat atau mengalami beberapa hal yang nampaknya sepele saja sudah dapat memicu reaksi impulsif yang bisa memicu. Misalnya menjatuhkan sesuatu barang langsung muncul latahnya.

"Kalau tanpa dikagetkan dan dia latah sendiri, itu sudah bukan masalah kaget lagi, tapi sensitivitas impulsnya jadi rendah. Kalau ambang impulsnya rendah maka dia bisa latah sendiri tanpa dikagetkan," pungkas dr Andri.


http://health.detik.com/read/2013/07/03/170830/2291773/775/mengapa-orang-yang-terkejut-bisa-keluar-latahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar